Kamis, 29 April 2010

PEMETAAN PKP IPA SD

II. Pemetaan keterampilan proses dasar IPA
Keterampilan mengobservasi
Keterampilan mengklasifikasi

Keterampilan mengukur

Keterampilan mengkomunikasikan
Menginferensi / membuat kesimpulan sementara
Keterampilan proses
Dasar IPA Keterampilan memprediksi

Keterampilan mengenal hubungan ruang dan waktu

Keterampilan mengenal hub. Bilangan

Perencanaan penelitian / experiment

Demonstrasi

Praktikum


1. Keterampilan mengobservasi
Definisi :
Keterampilan yang dikembangkan dengan hasil semua alat indera yang kita miliki untuk mengidentifikasi dan memberikan nama sifat –sifat dari objek atau kejadian.
Karakteristiknya seperti menjelaskan sifat-sifat yang dimiliki oleh benda-benda, sistem-sistem dan organisme hidup.
2. Keterampilan mengklasifikasi
Definisi :
Keterampilan yang dikembangkan melalui latihan-latihan mengkategorikan benda-benda berdasarkan pada sifat-sifat benda tersebut. Atau dengan kata lain dapat disebutkan bahwa proses yang digunakan para ilmuwan untuk menentukan golongan benda-benda atau kegiatan.
Karakteristiknya seperti memilih bentuk –bentuk kertas yang berbentuk kubus, gambar-gambar hewan, daun-daun.
3. Ketermpilan mengukur
Definisi :
Suatu kegiatan/ aktivitas yang dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan satuan-satuan yang cocok dari ukuran panjang, luas, isi, waktu, berat, dsb. Atau dapat disebutkan dengan suatu cara yang kita lakukan untuk mengukur observasi.
Keterampilan dalam mengukur memerlukan kemampuan untuk menggunakan alat ukur secara benar dan kemampuan untuk menerapkan cara perhitungan dengan hasil alat ukur.
4. Keterampilan mengkomunikasikan
Definisi :
Menyampaikan hasil pengamatan yang berhasil dikumpulkan atau menyampaikan hasil penyelidikan.
Karakteristiknya seperti mengkomunikasikan deskripsi benda-benda dan kejadian tertentu secara rinci atau siswa diminta untuk mengamati dan mendeskripsikan beberapa jenis hewan kecil.


5. Mengiferensi / membuat kesimpulan sementara
Definisi :
Keterampilan membuat kesimpulan sementara atau menduga atau menyimpulkan secara sementara dengan menggunakan logika untuk membuat kesimpulan dari hasil observasi atau apa yang diobservasi.
6. Keterampilan memprediksi
Definisi :
Meramal secara khusus tentang apa yang akan terjadi pada observasi yang akan datang . Atau membuat prakiraan kejadian atau keadaan yang akan datang yang diharapkan akan terjadi.
7. Keterampilan mengenal hubungan ruang dan waktu
Definisi :
Keterampilan mengenal hubungan ruang dan waktu meliputi keterampilan menjelaskan posisi suatu benda terhadap benda lainnya atau terhadap waktu maupun keterampilan mengubah bentuk dan posisi suatu benda setelah beberapa waktu.
8. Keterampilan mengenal hubungan bilangan
Definisi :
Suatu keterampilan yang meliputi kegiatan menemukan hubungan kuantitatif diantara data dan menggunakan garis bilangan untuk membuat operasi matematika.

9. Perencanaan penelitan / experiment
Definisi :
Merupakan suatu kegiatan atau keterampilan dalam melakukan penelitian atau mengamati dari obyek –obyek yang ada maupun berkaitan. Seperti : penelitian terhadap tumbuhan, hewan, dll. Atau melakukan kegiatan seperti praktikum.
10. Demonstrasi
Definisi :
Merupakan simulasi atau tiruan untuk melakukan suatu percobaan yang biasanya berkaitan dengan ilmu sains. Keterampilan ini dilakukan agar siswa dapat meniru atau mencontoh percobaan – percobaan pada ilmu sains sesuai dengan langkah-langkah.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar